TEKNOLOGI INFORMASI

Dari sini kita mulai belajar untuk memperoleh yang terbaik...


Assalamu'alaikum Wr. Wb

Sebenarnya manusia dicipta oleh Allah dengan 2 (dua) tujuan utama yaitu untuk menjadi hamba yang beribadah kepadaNya dan menjadi khalifahNya di muka bumi ini. Allah berfirman dalam Al Qur’an yang maksudnya :

"Dan tidaklah Aku ciptakan jin dan manusia melainkan untuk beribadah kepadaKu" (QS: Ad Dzariat 56)

"Sesungguhnya Aku hendak menciptakan seorang khalifah di muka bumi ini." (QS: Al Baqarah: 30)

"Dan Dialah yang menjadikan kamu khalifah di muka bumi ini." (QS: Al Fathir 39)

Seperti juga sholat, zakat, puasa, sedekah dan lain-lain yang merupakan alat atau wahana untuk melaksanakan 2 tujuan hidup manusia tadi, maka menuntut, mengkaji dan mengembangkan sains dan teknologipun sebenarnya adalah alat atau wahana untuk beribadah kepada Allah dan menyempurnakan tugas sebagai khalifah Allah dimuka bumi.



Abuya Syeikh Imam Ashaari Muhammad At Tamimi menegaskan bahwa semua aktifitas keseharian kita termasuk mengkaji dan mengembangkan sains dan teknologi dapat bernilai ibadah bahkan perjuangan di sisi Allah bila memenuhi 5 syarat ibadah yaitu :

1.Niat yang betul, yaitu karena untuk membesarkan Allah.
SabdaRasulullah SAW :
"Sesungguhnya amalan-amalan itu tergantung dengan niatnya dan yang didapat setiap orang itu sesuai dengan apa yang dia niatkan."

"Niat orang mukmin itu adalah lebih baik daripada amalannya."

2.Pelaksanaannya benar-benar di atas landasan syariat atauaturan Allah

3.Perkara atau subyek yang menjadi tumpuan untuk dilaksanakan atau dikaji itu mestilah mendapat keredhaan Allah. Subyek yang paling utama mestilah suci agar benar-benar menjadi ibadahkepada Allah.

4.Natijah (Hasil) mesti baik karena merupakan pemberian Allah kepada hamba-Nya. Dan setelah itu, hamba-hamba yang dikaruniakan rahmat itu wajib bersyukur kepada ALLAH dengan berzakat, melakukan korban, serta membuat berbagai amal . Jika aktifitas tersebut menghasilkan ilmu yang dicari maka ilmu itu hendaklah digunakan sesuai dengan yang diredhai Allah.

5.Tidak meninggalkan atau melalaikan ibadah-ibadah asas,seperti belajar ilmu fardhu ‘ain, shalat 5 waktu, puasa, zakat dan sebagainya.

Jika 5 syarat ini terpenuhi dengan diiringi hati yang selalu beriman,selalu ingat kepada Allah, terkenang kebesaran dan keagungan Allah,Insya Allah 10 jam setiap hari kita mengkaji dan mengembangkan sains dan teknologi, 10 jam kita dalam keadaan ibadah dan perjuangan dijalan Allah. Para saintis dan teknolog macam inilah yang mesti dilahirkan oleh umat Islam, yaitu para saintis dan teknolog yang bertaqwa, yang hidup matinya untuk Allah, yang kenal, cinta dan takutkan Allah.

0 komentar

Posting Komentar

Langganan: Posting Komentar (Atom)