TEKNOLOGI INFORMASI

Dari sini kita mulai belajar untuk memperoleh yang terbaik...


Assalamu'alaikum Wr.Wb

Hai semua...yang udah pernah ngebuka blog ini. Kali ini saya akan memposting tentang swish-e. Artikel ini saya dapatkan dari dosen yang sangat saya gemari kepintarannya, yaitu Dr. Taufik Fuadi Abidin. Beliau adalah dosen Jurusan Matematika Fakulas MIPA
Unsyiah. Beliau yang menyuruh saya untuk mempelajari tentang swish-e ini.
Swish-e adalah sebuah searching text yang bejalan di linux. Swish e sangat berguna dalam pencarian data text yang sangat besar. Beliau meminta saya menggunakan swish-e ini sebagai pembanding dari searching data yang akan kita buat.



Cara menginstall swish-e :

- Buka terminal kemudian ketik wget
http://swish-e.org/distribution/swish-e-x.x.x.tar.gz untuk mendownload file
swish-e-x.x.x.tar.gz (Perlu diingat!!! Ketika kita mendownload file tersebut
usahakan kita tidak berada di root karena akan susah untuk mengkonfigurasi swish-e)
- Kemudian ketik tar zxvf swish-e-x.x.x.tar.gz untuk meng-unzip file dari type tar.gz
- Ketik ./configure
- Ketik make
- Ketik make test
- Selesai

Kita telah berhasil mengkonfigurasi swish-e.
Untuk melihat apakah swish-e kita sudah berjalan lancar, buatlah sebuah file yang diletakkan dalam directory swish-e.x.x.x bertype .conf

Misalkan test.conf
isinya:

IndexDir /home/alim/... (tempat direktori yang akan kita cek file text-nya)
IndexOnly .html (type text yang akan kita cek)
IndexFile /home/alim//test.index

Jangan lupa untuk menge-savenya.

Untuk menjalankannnya :

Ketik /src/swish-e -c test.conf

Sekian dulu ya...Ntar kita lanjutkan lagi...Karena masih belajar juga

1 komentar

  1. Dwi Asmoro  

    Berikut ini tulisan saya tentang instalasi swish-e di Ubuntu 8.04 LTS,

    http://dwiasmoro2qj.blogspot.com/2010/07/instalasi-swish-e-247-di-ubuntu-804-lts.html

Posting Komentar

Langganan: Posting Komentar (Atom)